7 Rumah Yang Paling Sering Dikunjungi Dan Disukai Malaikat

Assalamualaikum sahabat Juanesia yang beriman. Makhluk Allah yang tidak pernah berbuat salah adalah Malaikat. Golongan Malaikat menjadi salah satu Makhluk Allah yang paling taat terhadap perintah Allah.

Malaikat sendiri diciptakan oleh Allah dari Cahaya untuk bersujud dan menjalankan semua perintah-Nya. Malaikat diciptakan tanpa diberi nafsu oleh Allah SWT, itulah mengapa Malaikat selalu taat dan tidak pernah berdosa dan melanggar perintah Allah SWT. 

Salahh satu karunia Allah Subhanahuwata'ala kepada umatnya yang beriman adalah, ditugaskan para malaikat untuk mendatangi rumah-rumah yang telah dipilih. Malaikat mendatangi rumah untuk memberikan rohmat, memohonkan doa dan ampunan serta memberikan cahaya kebenaran pada rumah tersebut.

Sebagaimana Allah Subhanahuwata'ala berfirman. 

"Dialah yang memberikan Rohmat kepadamu dan para malaikat -Nya memohonkan doa untukmu agar Dia mengeluarkan kalian dari kegelapan kepada cahaya. Dan Dia maha penyayang kepada orang-orang yang beriman". (Qur'an Surah Al Ahzab ayat 43). 

Sahabatt juanesia, Malaikat akan mendatangi rumah para Hamba Allah yang disukainya. Para hamba ini adalah mereka yang beriman dan terpilih. Lalu Bagaimana agar rumah kita disukai oleh Malaikat dan sering didatanginya? 

Terkaitt hal tersebut, ada amalan-amalan yang bisa dilakukan oleh penghuni rumah ataupun suami istri agar para malaikat mendatangi rumahnya. Dan berikut ini beberapa amalan dan ciri-ciri rumah yang akan sering didatangi Malaikat, sekaligus penghuninya akan banyak mendapatkan rohmat dan didoakan oleh para malaikat. 

rumah yang sering didatangi malaikat


1. Rumah yang digunakan untuk banyak berdzikir. 

Rosulullahh shollallahu alaihi wassalam bersabda. 

"Tidaklah sekali-kali suatu kaum duduk berdzikir kepada Allah SWT kecuali mereka dikelilingi oleh para malaikat dan akan diturunkan rohmat, ketenangan kepada mereka,". (Hadits Riwayat Muslim). 

2. Rumah yang banyak dibacakan ayat-ayat suci Al-Quran. 

Sesungguhnyaa rumah itu terasa lapang bagi penghuninya, dijauhi syaitan dan dilimpahkan kebaikan jika didalamnya dibacakan Al-Quran,". (Hadits Riwayat Addarimi). 

3. Rumah yang dimana pemiliknya menanti sholat ke sholat.

Rosulullah Shollallohu Alaihi Wasallam bersabda. 

"Sesungguhnya malaikat mendoakan kepada salah seorang dari kalian selama ia masih berada di majelisnya : 'Ya Allah ampunilah dia, ya Allah berikanlah rahmat kepadanya selama ia tidak berhadas dan tidak batal wudlu." (Hadits Riwayat Muslim). 

4. Rumah yang banyak digunakan untuk bersedekah. Tentang hal tersebut, Rosulullah bersabda. 

"Saat hamba berada disetiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa. 'Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang berinfak'. Malaikat lain pun berdoa, 'ya Allah berikanlah kebangkrutan kepada orang yang enggan bersedekah,". (Hadits Riwayat Bukhori dan Muslim). 

5. Rumah Yang Penghuninya Selalu Berbuat Baik Kepada Ibu Bapaknya. 

Haruss diingat oleh setiap orang bahwa, sikap berbakti kepada orang tua merupakan hal yang wajib dilakukan sebagai bentuk kasih sayang dan rasa terima kasih terhadap orang tua yang sudah dengan ikhlas penuh kasih sayang telah mendidik dan membesarkannya. 

Allah sangat menyukai orang yang taat dan berbakti kepada kedua orang tuanya, dan Malaikat akan menyukai rumah yang penghuninya berbakti dan berbuat baik kepada orang tuanya. 

6. Rumah Yang Selalu Bersih Dari Najis.


Pastikan rumah sahabat selalu bersih dari najis, Hal ini sangatlah penting. Pada dasarnya Allah Subhanahuwata'ala sangat mencintai kebersihan, Sehingga malaikat sebagai pengikut-Nya yang paling taat, juga memiliki sifat demikian. Bahkah tidak hanya pada rumah saja, kebersihan juga harus dilakukan oleh para penghuninya. 

Malaikat adalah makhluk yang suci serta mulia, sehingga mereka menyukai manusia yang menjaga kesucian dirinya. 

7. Rumah yang Penghuninya Suka Menuntut Ilmu.  


Rasulullah SAW telah bersabda yang artinya: "Carilah ilmu walau sampai ke Negeri China, karena mencari ilmu itu diwajibkan bagi setiap muslimin." 

Untuk itu janganlah sekali-kali kita menyepelekan untuk menuntut ilmu, karena malaikat sangat menyukai hal ini. Mereka bahkan akan mengunjungi rumah yang didalamnya dihuni orang-orang yang giat menuntut ilmu dalam hidupnya. 

Sahabat Juanesia yang beriman, itulah tadi tujuh amalan yang akan membuat rumah tinggal kita didatangi oleh malaikat. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Jabad
Jabad Orang biasa dengan cita-cita tidak biasa, yang mencitai dan menghargai sejarah bangsanya.