Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tol Trans Sumatera Bakal Menjadi Yang Terpanjang Di Asia Tenggara

Indonesia bakal miliki Tol terpanjang di Asia Tenggara - Semenjak Joko Widodo menjadi Presiden Republik Indonesia, pembangunan Jalan Tol memang terus dikebut dan menyebar keseluruh Nusantara. Indonesia selama pemerintahan Jokowi telah banyak membangun jalan tol diseluruh Propinsi di Indonesia.

Salah satu pembangunan jalan tol di Indonesia yang menguras biaya besar yaitu Tol Trans Sumatera. Tol ini rencananya akan melintasi seluruh wilayah Sumatera yaitu dari Bakaehuni, Lampung hinggaAceh yang berada di ujuang barat Pulau Sumatera.

Tol trans Sumatera saat ini sudah beroperasi sepanjang 513 kilometer, dan akan terus bertambah hingga tahun 2024 yaitu sampai provinsi Aceh.

tol-trans-sumatera-terpanjang-di-indonesia

Dilansir dari detik.com tanggal 25 November 2020, saat ini Pemerintah telah menargetkan semua jalan tol Trans Sumatera bisa tersambung sampai provinsi Aceh pada tahun 2024. Menurut keterangan dari Kepala Bagian Umum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yaitu Bapak Mahbullah Nurdin, jika tol ini selesai hingga Aceh tahun 2024, maka total panjangnya mencapai 2.200 km. dan sekaligus menjadi tol terpanjang di Indonesia dan di Asia Tenggara.

Pemerintah menargetkan proyek tol trans Sumatera ini selesai di tahun 2024 dan terkoneksi mulai dari wilayah Bakahueni Provinsi Lampung hingga nyambung ke provinsi Aceh.

Tol ini saat ini pembangunannya terus berjalan dan telah beroperasi sepanjang 513 kilometer (km). yaitu dimulai dari Bakauheni hingga mencapai Kayu Agung Palembang, Sumatera Selatan. Pembangunanya dilakukan oleh PT. Hutama Karya. 

Budi Harto selaku Direktur Utama PT. Hutama Karya juga mengatakan bahwa tol telah beroperasi sepanjang 513 km dan selanjutnya sampai tahun 2022 akan ada tambahan lagi sepanjang 614 kilometer (km) lagi.

Direncanakan sampai tahun 2024 Tol Trans Sumatera ini sudah bisa tembus sampai ke Aceh dengan panjang total yaitu 2.200 kilometer (km). ini sebuah terobosan besar dalam konstruksi jalan tol di Indonesia dan akan menjadi yang terpanjang di Indonesia dan Asia Tenggara.

Selain diwilayah Sumatera, sebelumnya pemerintah juga telah membangun puluhan jalan Tol baru di pulau Jawa dan pulau lainya. Dengan banyaknya jalan tol di Indonesia diharapkan dapat mendongkrak perekonomian Indonesia.
Jabad
Jabad Orang biasa dengan cita-cita tidak biasa, yang mencitai dan menghargai sejarah bangsanya.