Jet Tempur Su-57 Vs F35, Mana Yang Lebih Unggul? Ini Review Perbandingannya

Teknologi Pesawat Tempur saat ini berkembang begitu cepat, semua Negara pabrikan pesawat tempur berlomba membuat jet tempur tercanggih dan terbaik agar mampu menguasai pertarungan udara. Saat ini Amerika Serikat dan Rusia menjadi Negara yang saling duel dalam hal teknologi pesawat tempur. Produk terbaru kedua Negara ini yaitu jet tempur siluman canggih yaitu F35 dari Amerika dan Su-57 produksi Rusia.

F35 dan Su-57 dianggap sebagai pesawat tempur tercanggih saat ini, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Lalu pertanyaanya adalah mana yang lebih unggul dari kedua jet tempur tersebut? Masing-masing orang memiliki penilaian yang berbeda. Namun ulasan berikut ini mungkin dapat memberikan gambaran untuk anda dalam menilai mana yang lebih unggul antara F35 dan Su-57. 

1. Sukhoi SU-57 Rusia

Pesawat Tempur Sukhoi Su-57 ini sudah terbukti kemampuan dan kecanggihanya. Ini merupakan Jet tempur siluman dengan teknologi generasi ke-5 yang dibuat oleh Rusia. Seperti yang disampaikan oleh Military Watch, Jet Su-57 Rusia mampu mengungguli jet F-35 Amerika saat di udara.

jet-siluman-su-57-rusia

Jet Tempur Sukhoi Su-57 ini sebelumnya dikenal dengan nama 'PAK FA' atau juga T-50, yaitu jenis pesawat tempur canggih generasi kelima yang supermanoeuvrable, memiliki karakteristik siluman dan juga bersistem avionik yang dilengkapi senjata terbaru.

Jet tempur Su-57 atau versi untuk ekspornya yaitu Su-57E, dirancang khusus sebagai platform superioritas udara yang begitu besar dan lebih mampu dalam peran tempur udara-ke-udara. Inilah yang menjadikan jet Sukhoi Su-57 lebih unggul dalam kecepatan, ketinggian jelajahnya, teknologi sensor, kemampuan pengangkutan misil, jangkauan pengikatan, dan juga kemampuan manuvernya.

Jet tempur ini memiliki tipe kursi tunggal yang bermesin ganda sehingga memiliki tingkat transparansi perangkat keras untuk militer asing dan secara tradisional lebih tinggi.

Sedangan varian terbaru untuk versi ekspornya yaitu Su-57E merupakan pesawat tempur multirole yang khusus dirancang untuk kemudahan dalam keperluan berbagai misi tempur di udara, darat, dan juga target maritim di berbagai cuaca, baik saat siang ataupun malam, serta handal dipakai dalam lingkungan dengan gangguan parah sekalipun. Fitur utama dari Su-57E ini yaitu jet temmpur multifungsi, dengan desain siluman, serta sudah diotomatisasi. Pesawat tempur canggih rusia ini memiliki sistem perlindungan yang handal dan juga sitem penanggulangan pasif dan aktif yang sudah ditingkatkan.

2. Pesawat Tempur F-35 Amerika Serikat

Sebanding dan sebagai saingan Su-57 yaitu jet tempur F-35 Amerika Serikat. Kedua Negara kuat ini memang terus bersaing dibidang teknologi alutsista militer khususnya pesawat tempur dan rudal. Hadirnya Su-57 jelas menjadi pesaing berat untuk jet tempur F-35 USA ini. Jika dilihat spesifikasinya keduanya memiliki keunggulan masing-masing. 

Pesawat tempur F-35 yaitu adalah jet tempur canngih siluman buatan perusahaan Lockhee Martin, Amerika. Jet f-35 saat ini sudah memiliki tiga varian yaitu F-35A, F-35B, dan terbaru adalah F-35C. 

jet-f35-amerika

Untuk yang varian F-35A ini mempunyai tipe conventional take off dan landing (CTOL).

Jet tempur F-35A didesain sebagai pesawat tempur dengan multiperan serta gesit, memiliki fungsi serba guna, juga berkinerja yang tinggi sehingga dapat memberikan kemampuan yang sulit tertandingi s. Paket teknologi sensor canggih yang dimiliki oleh F-35A memang khusus dirancang untuk dapat mengumpulkan dan juga mendistribusikan lebih banyak informasi dari jenis pesawat tempur manapun yang ada.

Sedangkan untuk varian jet F-35B dilengkapi dengan kemampuan dalam lepas landas di jarak pendek dan mampu mendarat secara vertikal atau short take off dan vertical landing (STOVL). Untuk segi kapasitasnya, varian F-35B ini dibuat lebih ringan yaitu sepertiga dari jet tempur varian F-35A.

Varian ketiga yaitu F-35C, yang dibuat dengan sayap lebih lebar dan dapat dilipat. Pesawat tempur F-35C ini cocok banget untuk diangkut diatas kapal induk AL. Teknologi jet F-35C ini merupakan penggab ungan kemampuan yang unik untuk dapat beroperasi dari atas dek kapal induk dengan dibekali kemampuan siluman generasi ke-5 yang disebut gak ada sainganya atau sulit tertandingi. 

Untuk bagian roda dari jet tempur varian F35C Amerika ini dikatakan kemampuanya lebih kuat daripada varian F35A dan B. Teknologi penyatuan sensor, dan juga keandalannya, diklaim membuat F-35C sebagai jet tempur serang masa depan dalam peperangan. Varian dari F-35C ini juga mempunyai kapasitas bahan bakar internal paling besar dibanding tiga varian F-35, serta mampu membawa hampir 20.000 pon bahan bakar internal untuk keperluan jarak yang lebih jauh dan memiliki kehandalan lebih baik daripada jet tempur lain dalam konfigurasi tempur yang nyata.

Itulah dua pesawat tempur cannggih saat ini yang terus bersaing ketat untuk menunjukkan kemapuannya masing-masing. Mana yang lebih hebat antara Su-57 Rusia atau F35 Amerika, masing-masing orang tentu memiliki pandangan yang berbeda. Silahkan anda dapat menyimpulkan sendiri.