Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meditasi; Cara Efektif Menenangkan Jiwa

Meditasi menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan seseorang untuk menenagkan pikiran dan hati agar dapat bebas dari tekanan permasalahan yang sedang menggangu dalam diri seseorang tersebut. Melakukan Meditasi menjadi soluisi aman dan mudah bagi siapapun untuk menenangkan pikiran, selain itu meditasi juga baik untuk kesehatan jiwa dan raga kita, dan terbukti ampuh dijadikan media untuk mendapatkan ketenangan hati. 

Secara umum meditasi adalah menciptakan suasana hening dan tenang, serta memusatkan perhatian pada pernapasan dengan beberapa pola khusus dan mantra. Meditasi dilakukan untuk menenagkan pikiran, ruh dan jiwa yang akan mengembalikan keseimbangan didalam hidup dan menghubungkan kembali dengan Sang Pencipta. Melakukan Meditasi menjadi solusi yang baik, dan memang perlu dilakukan untuk bisa kembali mengingat siapa diri kita sesungguhnya, hal-hal penting apa yang harus dilakukan dan ditinggalkan, dan dimana letak kebenaran pribadi kita. 

Melalui doa meditasi dan renungan kita mampu mendengarkan suara dalam diri kita sendiri. Ini adalah saat dimana kita bukan hanya berhubungan dengan Tuhan, tetapi juga dengan diri kita sendiri dan akal bawah sadar kita.  Saat diluangkan untuk keddalaman diri ini akan memelihara kita ditingkat fisik, emosional, dan spiritual yang terdalam.

Gambar Meditasi untuk menenangkan jiwa dan pikiran

Doa Meditasi dan Menenagkan Jiwa

Doa merupakan salah satu sarana kita berkomunikasi dengan Tuhan. Sedangkan meditasi adalah saat dimana kita menenangkan hati dan pikiran untuk mendengarkan bisikan-bisikan sang pencipta. Dan dengan merenung dalam suasana hening kita akan dapat melihat ke dalam diri dan terhubung kembali dengan jalan kebenaran serta membuat diri lebih bijaksana dalam menyikapi suatu permasalahan.

Jadi memang penting melakukan meditasi, dan itu bagus untuk kesehatan kita, kesehatan itu meliputi kesehatan pikiran, ruh dan jiwa. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mempraktekkan atau bahkan sering melakukan ritual “meditasi” ini. Namun bagi anda yang belum pernah melakukannya bisa mencoba melakukan bermeditasi untuk tenangkan diri dengan mengikuti langkah sederhana yang juanesia bagikan dibawah ini.

Meditasi tak ubahnya dengan berdzikir, bagi yang muslim tentu sudah tidak asing dengan zikir. Dengan berdzikir secara khusyuk dan tenang ditempat yang hening akan mendatangkan energi positif dalam diri seseorang serta memperoleh ketangan hati dan pikiran. Dzikir yang baik adalah dzikir yang khusyuk dengan mengucapkan doa dzikir dari dalam hati dan ditempat yang tenang, waktu yang baik biasanya di tengah malam atau di seperempat malam atau dini hari. Dengan begitu ketenangan jiwa (rohani) akan kalian dapatkan.

Kembali lagi ke meditasi, untuk melakukan meditasi yang baik anda dapat mencoba langkah-langkah yang juanesia bagikan ini. Silahkan anda ikuti cara melakukan meditasi untuk membantu anda ketenangan jiwa dan ruh melalui tehnik meditasi berikut ini.

  1. Cari tempat yang tenang dan nyaman, dan luangkan waktu paling sedikit sepuluh sampai lima belas menit tanpa ada gangguan.
  2. Duduklah dengan nyaman, punggung tegak tetapi tidak kaku.
  3. Kemudian ambil nafas dalam-dalam, rilekkan pikiran dan tubuh anda, dan lakukan yang terbaik untuk mengosongkan pikiran dan menjaga fokus pada saat itu juga.
  4. Lakukan pernapasan dan anda rasakan melalui pemusatan perhatian, rasakan sensasi udara yang bergerak masuk keluar tubuh ketika anda bernapas.
  5. Rasakan perut anda saat mengembang dan mengempis, saat menghirup dan mengembuskan napas.
  6. Rasakan juga hawa kesejukan dan kehangatan udara yang masuk dan keluar dari hidung ketika anda menarik dan mengembuskan napas. Perhatikan bagaimana setiap napas berubah-ubah dan berbeda.
  7. Amati pikiran-pikiran anda ketika mereka datang dan pergi. Ketika pikiran-pikiran muncul dalam benak, jangan acuhkan atau menekan mereka, hanya amati saja dan biarkan mereka berlalu, lalu kembalikan fokus ke pernapasan anda.
  8. Jika anda merasakan diri terbawa oleh pikiran yang muncul, amati saja kemana pikiran pergi, dan tanpa menghakimi, kembalilah ke pernapasan. Jadikan pernapasan sebagai jangkar bagi pikiran anda.
  9. Ketika meditasi selesai, duduklah dengan tenang, dan perlahan-lahan kembalikan pikiran dan kesadaran ke sekeliling anda.
  10. Bangunlah secara bertahap dan lakukan peregangan sebentar.
  11. Sekarang anda siap kembali ke rutinitas normal dalam keadaan rileks dan bugar.


Dengan melakukan meditasi secara teratur akan dapat membantu menjernihkan otak kita dari gangguan-gangguan permasalahan hidup, membersihkan pikiran, dan meningkatkan keterhubungan spiritual antara kita dengan Sang Pencipta. Meditasi juga seakan mampu memperbarui ruh, dapat merilekkan tubuh, dan juga menenangkan jiwa serta pikiran agar bisa menerima bimbingan dari Tuhan Sang Pencipta.

Dalam dua atau tiga hari sekali sebaiknya luangkanlah waktu untuk berkontemplasi, berdoa, atau bermeditasi didalam keheningan. Melalui doa dan meditasi dapat membantu mengosongkan pikiran sehingga dapat terbebas dari kekhawatiran dan pikiran negative, serat menciptakan ruang untuk diisi dengan kegembiraan, kebahagiaan, dan cinta. Berdoa dalam meditasi juga akan dapat menciptakan perasaan, damai, nyaman dan bahagia sehingga anda bisa membuka diri bagi potensi dan kebijaksanaan yang tak terbatas dari semesta. Kesetiaan dan komitmen anda kepada pertumbuhan dan pengembangan spiritual akan mengubah kesadaran anda dan membuka diri anda terhadap kesadaran yang lebih besar atas mukjizat, situasi, kemungkinan, dan keselarasan yang sudah bekerja dalam hisup anda.

“Meditasi merupakan aktivitas perenungan mendalam terhadap suatu tujuan, dimana merupakan usaha antara yang membawa kesadaran menuju samadi, yaitu terserapnya kesadaran diri sebagai kesadaran terbatas kedalam kesadaran Tuhan yang meliputi kesadaran semesta yang tak terbatas”.

Itulah cara melakukan meditasi untuk menenagkan hati dan pikiran kita. Semoga apa yang juanesia uraikan ini bisa memberikan manfaat untuk anda.