Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Pantai Terbaik dan Paling Indah Di Jawa Timur

Jawa Timur adalah salah satu provinsi tujuan wisata yang menarik untuk di kunjungi.  Provinsi dibagian timur pulau Jawa ini memiliki deretan tempat-tempat yang menarik dan mempesona. Salah satu yang tidak bisa ditinggalkan ketika anda berwisata ke Jatim yaitu pesona pantainya.

Ada banyak sekali pantai tujuan wisata di Jawa Timur yang dianggap indah mempesona. Dari sekian banyak pantai itu sedikitnya ada 5 pantai di Jawa timur yang dianggap apling indah sebagai tujuan wisata. 

Berikut ini Juanesia.Info berikan daftar 5 pantai terindah di Jawa Timur yang dapat anda jadikan pilihan sebagai tujuan wisata pantai bersama keluarga dan orang-orang spesial.

1. Pantai Pulau Merah

Indahnya Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Jawa Timur
image source: pihak ketiga

Pantai paling indah di Jatim yang pertama yaitu Pantai Pulau Merah, pantai ini terletak di kabupaten Banyuwangi. Salah satu yang unik di Pantai Pulau Merah yaitu memiliki ombak menawan, inilah yang membuat pantai ini kerap menjadi pilihan para peselencar untuk menunjukkan keahliannya. Karakteristik ombak pantai yang saling berbenturan yang menjadikan beberapa bagian pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain untuk anak-anak. Karakteristik utama dari pantai Pulau Merah di Jawa Timur ini adalah adanya batu karang yang menyerupai gunung dan berada di bibir pantai. Saat pantai sedang dalam keadaan surut, para wisatawan dapat dengan mudah menjelajahi pulau karang di pantai Pulau Merah tersebut. 

2. Pantai Bilik

Gambar pesona keindahan Pantai Bilik, Selat Madura, Jawa Timur
image source: pihak ketiga

Pantai Bilik menempati urutan kedua sebagai Pantai paling indah di Jawa Timur. Pantai Bilik ini sebenarnya lebih mirip seperti danau. Lokasinya berada di perairan Selat Madura yang dihubungkan oleh secuil daratan  pulau Jawa sehingga membentuk sebuah cekungan indah. Ada dua pilihan akses jalan yang dapat ditempuh untuk sampai ke lokasi pantai, yaitu via jalan darat yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, atau dengan menyewa perahu nelayan yang banyak bersandar di pantai nelayan. Suasananya yang hening dan nyaman kerap menjadi alasan mengapa pantai ini wajib menjadi tujuan wisata saat berada di Jawa Timur.

3. Pantai Papuma

Gambar lokasi paling indah di Pantai Papuma Jember, Jawa Timur
image source: pihak ketiga

Selanjutnya adalah Pantai Papuma. Merupakan akronim dari pantai Pasir Putih Malika. Nama tersebut diberikan secara resmi oleh Perhutani sebagai pengelola pantai. Untuk lokasinya, Pantai Papuma ini terletak di kilo meter (km) 45 ke arah Jember, tepatnya berada di kawasan Wuluhan. Lokasinya yang mudah diakses kerap menjadikan pantai Papuma sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Jember. Seperti namanya, pantai Papuma memiliki hamparan pasir pantai yang putih. Karakteristik yang paling unik dari pantai ini yaitu banyaknya batuan karang yang timbul dan tenggelam karena terhempas oleh ombak.

4. Pantai Plengkung

Keseruan berwisata di Pantai Plengkung Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur
image source : pihak ketiga

Pantai paling indah ke empat di Provinsi Jawa Timur adalah Pantai Plengkung. Pantai Plengkung ini menjadi tempat favorit para peselancar dunia, letaknya berada di dalam Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk dapat mencapai lokasi pantai, tiap pengunjung diharuskan menyewa kendaraan khusus dan harus dipandu oleh pengelola Alas Purwo. Namun sebenarnya, jika ditempuh dari Bali, wisatawan hanya butuh memakai perahu boot untuk bisa sampai ke pantai Plengkung, mengingat lokasinya yang memang berdekatan.  Sebagai pantai surfer dan banyak disinggahi wisatawan asing, pantai ini sudah dilengkapi penginapan dengan berbagai fasilitas di dalamnya.

5. Pantai Bama

Menikmati indahnya Pantai Bama Taman Nasional Gunung Baluran, Jawa Timur
image source : labirutour.com

Terahir sebagai pantai paling indah yaitu Pantai Bama. Sama halnya dengan Plengkung, pantai Bama juga berada di dalam kawasan taman nasional, tepatnya di Taman Nasional Gunung Baluran, di jalan raya Banyuwangi – Situbondo km 35. Sebagai pantai yang berada di area konservasi, Bama menjadi habitat asli bagi sekawanan kera abu-abu ekor panjang dan burung langka endemik Jawa Timur. Keunikan lain pantai Bama adalah sebagian lokasinya dikelilingi oleh tumbuhan mangrove.

Itulah daftar 5 pantai terbaik di Jawa Timur sebagai tujuan wisata bahari paling indah dan mempesona. Jika anda penasaran, silahkan saja langsung ke TKP untuk dapat merasakan sensasi keindahan alam pantai tersebut.