6 Orang Indonesia Yang Catatkan Rekor Dunia

Rekor dunia memang selalu menarik untuk dibahas, semua orang tentu akan bangga jika dirinya berhasil membuat rekor dunia. Banyak nama-nama orang hebat yang berhasil mencatatkan namanya di Guiness Book Record, tak terkecuali rekor orang Indonesia. Guiness Book Record merupakan lembaga yang mengurus dan mencatat tentang semua rekor yang terjadi di dunia.  

Catatan rekor dunia orang Indonesia

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang banyak mencatatkan rekor dunia. Ada ratusan Catatan rekor dunia Indonesia yang sudah masuk dalam Guiness Book Record. Namun catatan itu dicapai atas nama negara dan bukan secara personal didapatkan. Tetapi setidaknya ada enam orang indonesia yang berhasil catatkan rekor dunia hingga saat ini. Siapakah mereka?

Berikut beberapa orang Indonsia yang berhasil mencatatkan namanya di Guiness Book Record.

6. Penyelaman di Pantai Malalayang

Pemecahan rekor dunia penyelaman massal di Indonesia

Satu lagi rekor dunia yang berhasil dicatatkan oleh orang Indonesia yaitu penyelaman massal di pantai Malalayang. Para penyelam ini kompak duduk di dasar laut pada pemecahan rekor dunia penyelaman massal pada gelaran HUT RI ke-64 silam yang berlokasi di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara. 

Setidaknya sebanyak 2.861 penyelam ikut dalam kegiatan pemecahan rekor dunia ini, kesuksesan acara ini juga otomatis memecahkan rekor serupa sebelumnya yaitu di Maladewa pada 2006 yang hanya melibatkan 979 penyelam. 

Sementara 2.861 penyelam berhasil melakukan aksi pemecahan rekor dunia selam di Pantai Malalayang ini dengan catatan waktu 31 menit. Pemecahan Rekor dunia tersebut kini tercatat dalam Guinness Book of Records sekaligus juga menjadi kado spesial untuk HUT RI Ke-64 lalu.

5. Jefri Setiawan

Jefri Setiawan pemegang rekor dunia asal Indonesia

Siapa Jefri Setiawan ini? Dia adalah musisi cilik dari Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Jefri berhasil mencatatkan namanya di Guinnes Book of Record dalam bermain 60 lagu selama 5 jam. Catatan rekor dunia ini jefri lakukan saat bermain di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (13/4/2019). Jefri Setiawan sendiri mengaku, mulai meminati musik dan bermain Keyboard dan Piano saat usia masih 6 tahun. 

4. Gita Gutawa

Gita Gutawa pemegang rekor dunia konser solo termuda

Pada 2010 silam, Gita Gutawa berhsil mengukir sejarah untuk Indonesia dan duirinya. Bahkan prestasinya ini tercatat sebagi rekor dunia. Apa prestasi yang telah dikuri Gita Gutawa sehingga masuk ke Guinnes Book of Record? 

Ternyata Gita Gutawa berhasil menggelar konser tunggal dalam usiaanya yang masih 16 tahun 6 bulan. Atas kenyataan terebut dia tercata sebagai penyanyi termuda yang sukses menggelar konser tunggal. Konser yang digelarnya di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta, pada 2010 silam lalu ini bertajuk Kotak Musik Gita Gutawa.

3. Rudy Hartono

Rekor Dunia Rudy Hartono dibidang Bulu Tangkis

Siapa yang tak kenal dengan Rudy Hartono, ia adalah seorang mantan Atlit Bulu Tangkis Indonesia dan kini menjadi legenda. Banyak catatan prestasi manis nan hebat yang berhasil diukirnya kal masih menjadi atlit. Dan atas prestasinya dalam menjuarai All England sebanyak delapan kali, dan tujuh kali secara berturut-turut yaitu pada tahun1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973 , 1974 dan 1976 maka ia langsung memecahkan rekor dunia dan tahun 1982 tercatat kedalam dalam Guinnes Book of Record.

2. Kunto Hartono

Rekor dari Kunto Hartono tercatat di Guinnes Book of record

Rekor dunia apa yang berhasil dicatatkan oleh Kunto Hartono? Ternyata ia mampu  menabuh drum secara nonstop selama 72 jam. Atas keberhasilannya itu Kunto Hartono mampu mengukirkan namanya dalam Guinness Book of World Records. 

Atas capaianya itu juga membuat dia mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dan juga mendaptkan beasiswa kuliah di Universitas Trisakti, Jakarta hingga ia meraih gelar sarjana disana.

1.  Dominic Brian

Dominic Brian, Orang Indonesia yang mencatatkan rekor dunia dalm mengingat angka

Dominic Brian salah satu orang Indonesia yang catatkan rekor dunia. Bocah berasal dari Kuta, Bali yang masih berumur 12 tahun ini mampu mencatatkan namanya dalam buku rekor dunia. Ia tercatat dalam Guiness Book Record setelah berhasil menunjukkan kemampuannya dalam mengingat 76 deret angka yang hanya dalam waktu 60 detik. Selain itu atas pencapaianya tersebut Dominic Brian pada 26 Agustus 2009 pun berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu untuk kemampuannya mengingat 52 kartu dalam waktu hanya 100 detik dan juga mengingat 100 angka hanya dalam waktu 12 menit. 

Itulah daftar orang Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia dan namanya tercatat dalam Guinnes Book of Record. Semoga keberhasilan orang hebat tersebut dapat memberikan motivasi kepada kita semua untuk bisa berprestasi bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta.
Jabad
Jabad Orang biasa dengan cita-cita tidak biasa, yang mencitai dan menghargai sejarah bangsanya.