Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misi Mengungkap Misteri Situs Goa Sentono Blora

JUANESIA.INFO - Situs Goa Sentono adalah salah satu situs bersejarah yang ada di Nusantara ini. Situs ini terletak di Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Berita situs unik bersejarah ini pertama terdengar di telinga saya dari salah satu teman di Blora, dia salah satu pemerhati sejarah di Blora.

Dia mengatakan bahwa ada salah satu situs di Blora yang belum banyak dikenal orang, dan tentang sejarah pastinya situs ini masihlah misteri karena dan dimisterikan. Dari kata-katanya saya langsung penasaran dan Jum’at kemarin saya Bersama teman-teman meluangkan waktu untuk datang langsung ke Lokasi situs.

Gambar Situs goa Sentono Blora

Perjalanan Ke Lokasi Situs Goa Sentono


Pertama saya datang ke Blora dan menjemput teman saya yang ada di Blora, pada pukul 13.00 WIB, saya sampai tempat teman saya di Blora, sempat ngobrol-ngobrol sebentar maka pukul 13.30 WIB, kami memutuskan untuk berangkat ke lokasi situs.

Dari Blora Kota kami ambil jurusan ke Kecamatan Randu Blatung, terus ambil arah ke desa Mendenrejo. Nah di Desa Mendenrejo inilah lokasi situs Goa Sentono. Dari Blora Kota sampai Lokasi kami membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam setengah.

Situs ini letaknya berada diatas bukit dan pas disebelah baratnya adalah wilayah Bojonegoro, Jawa Timur yang dipisah oleh Aliran Sungai Bengawan Solo.

Kami berempat datang ke lokasi, dan teman saya Asli Blora ternyata sudah menghubungi Mas Tris dan Mas Andi untuk memandu kami dalam menyusuri bagian-bagian situs sentono.

Foto Pinggir sungai goa sentono

Pertama kami mencari parkiran Mobil, dan syukurnya mobil bisa langsung masuk ke bawah bukit letak situs berada, jadi tidak membutuhkan waktu lama jalan kaki ke lokasinya.

Kegiatan di Lokasi Situs

Dibawah situs ini terdapat beberapa goa buatan yang bentuknya unik dan indah, area tersebut sebenarnya adalah bekas tambang batu kapur atau pasir pedel yang ahirnya membentuk lobang-lobang seperti goa. Untuk saat ini aktivitas tambang sudah dihentikan. Dilokasi ini cukup indah dan menarik karena di tengah-tengahnya terhampar are persawahan yang tampak hiaju dan asri, selain itu kita juga disuguhi dengan tampilan lobang goa buatan yang unik dan indah.

Gambar Goa buatan di lokasi situs Goa Sentono

Selanjutnya kami naik ke bukit dengan jalan kaki, dan setelah sampai lokasi situs, kami memang terlihat batu bata bekas reruntuhan-reruntuhan pendopo atau candi yang sebagian masih tertimbun tanah. Terlihat juga undakan-undakan seperti tangga yang tersusun dari batu besar khas candi. Kami penasaran dan bergeser ke sisi barat situs, kami melihat tebing tinggi yang dibawahnya adalah aliran sungai bengawan solo yang cukup dalam dan lebar.

Lokasi bekas bangunan candi di situs sentono

Setelah melihat-lihat ahirnya datanglah teman dari Kelompok Sadar Wisata Blora (DARWIS) pertama yang datang adalah Mas Tris dan Mas Andi. Kemudian mengajak kami melihat Goa Sentono yang berada di tebing sisi barat dan persis diatas aliran sungai bengawan solo. Begitu sampai kami kaget karena goa tampak sangat misteri dan indah. Namun anda harus hati-hati karena letaknya yang pas di tebing dan jalannya sempit, dan jika lengah saja bahaya menanti karena belum adanya pagar sebagai pengaman.

Menurut Mas Tris “Goa ini dulunya adalah tempat pelarian Blacak Ngilo saat dikejar oleh Sunan Bonang, Goa ini ada tembusannya sampai wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur”.

Mastris menjelaskan tentang sejarah Goa
Mas Tris menjelaskan tentang sejarah goa

Pernyataan ini diperkuat juga oleh Mas Andi yang juga penguru Kelompok Sadar Wisata. Iya benar, namun diyakini goa ini lebih tua umurnya dari zaman Sunan Mbonang”.

Goa Sentono memiliki dua pintu yang bersebelahan, namun sayang pintu yang sebelah utara sudah sedikit tertutup tanah akibat longsoran. Namun masih kelihatan keunikan dan keindahan goanya.
Situs goa sentono ini memiliki potensi yang bagus jika dikelola dengan baik. Sayang dukungan Pemerintah setempat belum begitu terlihat untuk menjaga situs ini dan menjadikannya salah satu destinasi wisata potensial di Blora.

Lanjut cerita, Syukur ahirnya kami dapat bertemu juga dengan Mbah Parlan, Beliau adalah penjaga situs goa sentono ini. Kami sempat ngobrol dan tanya-tanya sama beliau tentang sejarah situs goa sentono ini. Dan disini kami kaget karena Mbah Parlan seakan setengah-setengah atau tidak mau lebih tepatnya tidak berani mengatakan sejarah yang sebenarnya.

Foto Mbah Parlan sang Penjaga Situs

Beliau hanya mengatakan bahwa "maaf demi kebaikan bersama, kebaikan saya, kebaikan anak, biarlah alam yang mengungkap sejarah situs ini dengan sendirinya, jangan paksa saya untuk mengungkapkan karena saya sudah terikat janji dengan pendahulu untuk merahasiakan akan sejarah sebenarnya". Sekali lagi Mbah Parlan mengatakan bahwa "maaf jangan paksa saya mengatakannya, silahkan anak (sebutan untuk kami) menggalinya sendiri".

Mendengar perkataan beliau kami merinding dan disatu sisi jadi lebih penasaran, dan datang lagi Mbak Maryani (Ketua Kelompok Sadar Wisata) yang ada di Blora. Kami langsung menemui beliau dan menanyakan tentang situs tersebut.

Foto Mbak Maryani menjelaskan tentang sejarah situs

Dan kami lebih kaget lagi karena ternyata Mbak Maryani juga mengatakan hal yang sama dengan Mbah Parlan.

“Maaf saya tidak dapat mengatakan sejarah pastinya tentang situs ini, karena memang itu sudah menjadi janji kami warga disekitar sini, biarlah misteri ini tetap menjadi misteri, dan seperti inilah adanya”. Ungkap mbak Maryani.

Foto tanya jawab dengan kelompok darwis dan penjaga tentang situs goa sentono
Foto: tanya jawab dengan teman-teman kelompok Darwis dan penjaga situs

Dari situ kami sudah nggak berani bertanya lagi, walau sebenarnya dalam hati masih penasaran.

Sejarah Situs Goa Sentono Menurut Cerita Yang Berkembang


Namun yang pasti menurut cerita beberapa teman saya, situs ini berkaitan erat dengan masa Peralihan antara Kerajaan Hindu-Budha ke Kerajaan Islam di Demak. Pada masa itu banyak tokoh-tokoh politik yang melarikan diri atau lebih memilih tinggal di Daerah Sentono tersebut. Karena konon menurut cerita dari teman saya bahwa wilayah situs goa sentono ini dulu adalah derah Suaka, jadi tidak ada kerajaan manapun yang menguasainya atau bisa dibilang wilayah bebas.

Gambar batu bata sisa bangunan situs candi sentono

Letaknya yang dipinggir aliran Sungai Bengawan solo menjadikan tempat ini mudah untuk disinggahi, konon sungai tersebut menjadi central jalur transportasi perdagangan dan lainya.
Teman saya menceritakan juga bahwa seberang sungai tepatnya dibagian barat situs merupakan dulunya merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Jipang, dan nama desanya adalah Pangulu atau daerah hulunya kerajaan Jipang.

Baca juga tentang Misteri Situs Megalitikum Selodiri Terjan

Kami meyakini bahwa jalur sungai menjadi jalur transportasi perdagangan dan urusan pemerintahan dikala itu, ini dibuktikan dengan adanya temuan kami berupa 2 pecahan keramik di dua tempat berbeda, keramik 1 kami yakini buatan tiongkok pada Dinasti Ming, dan Keramik kedua terdapat tulisan jawa dan latin yaitu "Made in Holland".

Gambar Sungai bengawan solo di sebelah situs goa sentono

Untuk mengungkap Sejarah Pastinya memang dibutuhkan pengkajian dan penelitian lebih lanjut. Sedangkan untuk saat ini hanya itulah yang dapat kami tuliskan.

Foto tumpukan batu bata bekas bangunan candi di situs sentono

Setelah waktu sudah hampir petang, maka dengan hati penasaran dan kagum kami memutuskan untuk turun dan kembali pulang. Namun secara keseluruhan perjalanan kami sangat menyenangkan dan kami puas.

Selanjutnya terimakasih kami ucapkan kepada:
  1. Mbah Parlan (Penjaga Situs Goa Sentono)
  2. Mbak Maryani (Ketua Kelompok Sadar Wisata / DARWIS Desa menden)
  3. Mas Tris (Pemerhati Situs bersejarah)
  4. Mas Andi (Anggota kelompok Darwis)
  5. Mas Totok Supriyanto (Pemerhati Sejarah Blora)
  6. Bapak Andi Sri Rustiono (Pemerhati Sejarah) dan semua pihak yang membantu kami.
Kami juga sempat mengabadikan penelusuran di Goa Sentono ini dalam video. Anda dapat melihat semua kegiatan kami melalui video dibawah ini.

Untuk anda yang penasaran dengan situs ini, silahkan bisa datang langsung untuk melihat dan membuktikan tentang hal-hal misteri terkait situs goa sentono ini. Anda dapat meminta bantuan teman-teman dari Kelompok Darwis untuk memandu menjelaskan dan menunjukkan lokasi-lokasinya.
Jabad
Jabad Orang biasa dengan cita-cita tidak biasa, yang mencitai dan menghargai sejarah bangsanya.