MENGENAL SITUS GENJEN BLORA, SEJARAH DIBALIK ARTEFAK BERBENTUK MAKARA DAN MEDALLION

JUANESIA.INFO - Blora menjadi salah satu kabupaten tua di Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali situs peninggalan sejarah masa lalu. Namun sayang sekali, minimnya perhatian pemerintah akan situs ini membuatnya terbengkalai dan seakan terlupakan. 

Salah satu situs bersejarah yang ada di Blora dan kini butuh perhatian khusus dari Pemerintah setempat adalah Situs Genjen. Situs berupa artefak berbentuk Makara dan ukiran Medallion ini sebagai bukti akan sejarah masa lalu yang cukup istimewa. Kenapa, karena bentuk ukiran di situs genjen ini terbilang langka dan perlu penggalian lebih dalam untuk mengungkap sejarah yang sebenarnya tentang Nuswantara ini.

Akses Menuju Situs Genjen

Gambar tim ekspedisi situs bersejarah genjen kabupaten Blora
Tim pemerhati sejarah Blora - Foto : Totok Supriyanto

Situs Genjen terletak di Dusun Genjen, Desa Getas, Kec. Kradenan, Kab. Blora. Untuk menuju situs ini anda bisa mengendarai mobil, karena aksesnyapun mudah dan bisa dengan kendaraan bermotor. dari Kota Blora anda tinggal menuju arah kecamatan Kradenan. Untuk sampai ke lokasi kurang lebih memakan waktu 2 setengah jam. 

Lebih Dalam Tentang Situs Genjen

Gambar Foto situs genjen Blora
Situs berupa batu artefak Genjen - Blora; Foto: Totok Supriyanto

Adanya sebuah artefak yang begitu istimewa dan merupakan satu-satunya di wilayah Blora adalah batu berbentuk sebuah Makara dan ukiran Medallion. Hal ini mengindikasikan bahwa situs Genjen merupakan sebuah Candi yang kemungkinan besar wujud dari Candi terdahulu tergolong besar dan megah.

Bangunan Candi pada awalnya dianggap sebagai bangunan pemakaman, tetapi dalam penelitian selanjutnya disimpulkan bahwa candi merupakan kuil tempat pemujaan para dewa-dewi (Soekmono 1979, 21). 

Makara merupakan unsur bangunan Candi, diletakkan disisi depan pintu masuk, sebagai dewa yang dianggap mempunyai kewenangan menjaga sebuah kuil. Makara adalah makhluk dalam Mitologi Hindu atau Buddha, yang digambarkan sebagai kombinasi antara Ikan dan gajah yang dikenal dengan Gajahmina dengan variasi tertentu dengan mulut terbuka lebar. 

Foto Identifikasi situs genjen blora

Makara pada Situs Genjen masih terlihat jelas, dengan ukiran yang unik dan detail tinggi, walaupun pada sisi depan telah mengalami kerusakan. Wujud hewan Gajah masih terlihat jelas dengan bentuk belalai dengan ujung ukel. Ukiran mata terbuka dan mulut yang menganga. Adanya Ukiran berupa Insang sebagai gambaran dari binatang ikan pada samping kiri dibagian belakang telinga.

Artefak bersejarah berupa Makara di Genjen - Blora

Sebuah Makara yang lengkap mempunyai hiasan ukiran pendamping yang berada di samping yang dapat berupa ukiran manusia, dan bunga. Salah satu yang istimewa pada Situs Genjen adalah adanya sebuah ukiran bentuk Medallion di sebelah belakang Makara. Medallion ini berupa Lingkaran dengan bentuk tumbuh-tumbuhan atau sebuah bunga. Yang hanya ditemukan kemiripan pada medallion candi Kalasan. 

Kesimpulan

Berdasar ciri-ciri dari makara pada situs Genjen, Kec. Kradenan, Kabupaten Blora dapat disimpulkan bahwa Makara ini lazim digunakan pada masa Mataram Kuno atau Kerajaan Medang.

Mataram Kuno adalah suatu kerajaan yang berdiri dan berpusat pemerintahan berada di wilayah Jawa Tengah pada Abad ke 8, dan mengalami perpindahan ke daerah Jawa Timur pada Abad ke 10. 

Penulis : Totok Supriyanto (Pemerhati sejarah Blora)
Litbang #jelajahblora
Jabad
Jabad Orang biasa dengan cita-cita tidak biasa, yang mencitai dan menghargai sejarah bangsanya.